Selasa, 03 Januari 2012

Provinsi Kalimantan Timur Penyumbang Devisa Terbesar Indonesia

Provinsi Kalimantan Timur merupakan daerah penyumbang devisa terbesar di Indonesia, pada 2010 saja nilainya mencapai Rp320 triliun. Kalimantan Timur adalah wilayah yang berstatus provinsi  di Indonesia. Provinsi ini merupakan salah satu dari empat provinsi di Kalimantan.

Kalimantan Timur merupakan provinsi terluas kedua di Indonesia. Hasil utama provinsi ini adalah hasil tambang seperti minyak, gas alam  dan batu bara. Sektor lain yang kini sedang berkembang adalah agrikultur, pariwisata  dan industri pengolahan. Beberapa daerah seperti Balikpapan dan Bontang mulai mengembangkan kawasan industri berbagai bidang demi mempercepat pertumbuhan perekonomian. Sementara kabupaten-kabupaten di Kaltim kini mulai membuka wilayahnya untuk dibuat perkebunan seperti kelapa sawit dan lain-lain.

Kalimantan Timur memiliki beberapa tujuan pariwisata yang menarik seperti kepulauan Derawan di Berau. Tapi ada kendala dalam menuju tempat di atas, yaitu transportasi. Banyak bagian di provinsi ini masih tidak memiliki jalan aspal, jadi banyak orang berpergian dengan perahu dan pesawat terbang dan tak heran jika di Kalimantan Timur memiliki banyak bandara perintis. Selain itu, akan ada rencana pembuatan Highway Balikpapan-Samarinda-Bontang-Sangata demi memperlancar perekonomian.

1 komentar:

  1. Kaltim provinsi yang memberikan konstribusi besar bagi pembangunan Indonesia, sayang pemerintah pusat hanya dapat mengambil manfaat yang besar dari provinsi ini, sementara kemajuan wilayah ini dibatasi dgn cara perimbangan keuangan yang tidak seimbang. Karena itu siapapun pemerintah di Indonesia (pusat) atau Presiden sebagai pemilik otoritas bersama para legislatif yang tidak memiliki sense of belonging, maka Kaltim sebagai penyumbsng devisa terbesar, itu hanya sebagai sebutan dan ATM untuk kepenyingan di luar Kaltim. Karena itu Kaltim daerah kaya tapi masyarakatnya tidak pernah sejahtra.

    BalasHapus