Sabtu, 31 Maret 2012

Dampak Positif Kenaikan Harga BBM

Pemerintah berencana akan menaikkan harga BBM. Banyak masyarakat yang pro dan kontra terhadap rencana keputusan pemerintah tersebut. Kenaikan harga BBM tidak hanya menimbulkan hal negatif saja tetapi juga terdapat hal positif dari kenaikan harga BBM. Berikut hal positif dari kenaikan harga BBM :

- Munculnya bahan bakar alternatif

Seiring dengan melonjaknya harga minyak dunia, muncul berbagai bahan bakar alternatif baru. Yang sudah di kenal oleh masyarakat luas adalah BBG (Bahan Bakar Gas). Banyak SPBU di JABODETABEK yang sudah menjual BBG. Harganya pun lebih murah dibandingkan dengan harga BBM bersubsidi. Ada juga bahan bakar yang terbuat dari kelapa sawit. Tentunya bukan hal sulit untuk menciptakan bahan bakar alternatif mengingat Negara Indonesia yang kaya akan Sumber Daya Alam.

- Munculnya kendaraan berbahan bakar alternatif

Sejalan dengan munculnya bahan bakar alternatif, beberapa orang di dunia berkreasi untuk menciptakan kendaraan berbahan bakar alternatif. Saat ini sudah mulai banyak produsen mobil di dunia yang menciptakan mobil dengan bahan bakar gas. Busway Transjakarta juga sudah menggunakan bahan bakar gas.
Di Inggris, ada peneliti yang membuat mobil berbahan bakar dari ampas kopi. Ada juga mobil berbahan bakar air. Salah satu produsen otomotif dari Jepang juga sedang menciptakan mobil berbahan bakar udara. Mobil berbahan bakar listrik kini sudah mulai populer di kalangan masyarakat.

- Tren Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan. Bersepeda sangat baik untuk kesehatan jantung dan membantu melancarkan peredaran darah. Bersepeda dapat mengurangi polusi udara dan menghemat BBM. Pada saat ini, bersepeda bukan hanya sekedar olahraga, tetapi sudah menjadi bagian dari tren gaya hidup beberapa masyarakat khususnya di ibukota Jakarta. Sebut saja sepeda MTB (Mountain Bike). Banyak sepeda biasa yang di jual dengan harga murah namun tidak banyak warga yang menggunakan sepeda MTB hanya untuk berolahraga pagi. Ada juga sepeda fixie yang lebih diminati anak muda. Sepeda tanpa rem ini memiliki desain dan warna yang unik.

- Menambah jumlah BLT

Dengan naiknya harga BBM, maka bertambah pula jumlah BLT (Bantuan Langsung Tunai) yang diberikan kepada masyarakat miskin. BLT ini nantinya akan disalurkan melalui pos daerah masing-masing.

1 komentar:

  1. bener banget gan., ane paling suka bersepeda.,

    kalo ane sodaranya SBY, ane pasti usul taip satu hari dalam sebulan dilarang memakai kendaraan bermotor., hehehehe

    BalasHapus