Rabu, 09 Januari 2013

Bursa Efek Australia

Bursa Efek Australia

Bursa Efek Australia atau lebih dikenal dengan nama Australian Securities Exchange (ASX) adalah bursa efek utama di Australia. ASX diawali sebagai bursa swasta yang didirikan pada awal tahun 1861. Perdagangan di ASX dilakukan sepenuhnya dengan sistem perdagangan elektronik.

Australian Stock Exchange merupakan hasil penggabungan usaha (merger) antara Australian Stock Exchange dan Sydney Futures Exchange, dan nama perusahaan hasil penggabungan usaha tersebut adalah Australian Securities Exchange sejak 5 Desember 2006.

Pasar Perdagangan

Perdagangan berlangsung setiap hari kerja pada jam 10:00 pagi hingga jam 4:00 sore waktu Australia. Berdasarkan data per 30 Juni 2007, kapitalisasi pasar domestiknya sebesar $1.63 trilyun AUD dengan jumlah perusahaan publik yang terdaftar sebanyak 2.090 perusahaan

Pialang saham yang mendominasi pasar perdagangan di ASX antara lain Macquarie Bank, UBS, Citigroup, Goldman Sachs JBWere, Merrill Lynch, CSFB, Deutsche Bank, ABN AMRO, Commonwealth Securities dan Morgan Stanley.

Peraturan ASX

ASX dan Australian Securities and Investments Commission (ASIC) bersama-sama mengatur bursa ASX, dimana contoh aturan bersama tersebut antara lain :

- Sebagai bursa resmi, ASX memiliki kewajiban sah berdasarkan undang-undang perusahaan (Corporations Act) 2001 (Cth) (pasal 7.1, sub 3) untuk menjalankan perdagangan dengan cara "adil, tertib dan transparan".
- ASX harus memberikan informasi kepada ASIC mengenai perusahaan publik : s 792C.
- ASX harus membantu ASIC: s 792D.
- ASX harus memberikan ASIC akses ke bursa : s 792E.
- ASX dapat "mengajukan" suatu masalah kepada ASIC untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.
- ASIC wajib menginformasikan setiap perubahan aturan ASX : s 793D.
- Aturan ASX's dapat dinyatakan tidak berlaku oleh Menteri Keuangan : s 793E.
- ASIC melakukan pengawasan atas seluruh perizinan bursa termasuk ASX.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Bursa_Efek_Australia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar