Minggu, 07 November 2010

Bisnis Singkong Aneka Rasa

Jangan sepelekan singkong. Tanaman jenis umbi-umbian ini memiliki fleksibilitas yang tinggi untuk diolah menjadi berbagai produk. Dan meskipun produk yang dibuat umumnya berharga murah, tetapi bisa diterima semua orang. Jangan pula bisnis ini cepat berkembang.
Singkong dapat dibuat menjadi aneka rasa yang bervariasi. Diantaranya rasa BBQ (barbeque), keju, pizza, balado, pedas, ayam, jagung manis, jagung Amerika, jagung pedas, jagung bakar, sapi panggang, dan sebagainya.

Untuk berbisnis singkong aneka rasa diperlukan modal sekitar 3,5 – 4 juta untuk investasi awal. Itu sudah termasuk bahan baku & peralatan dagang seperti gerobak, alat produksi, dll. Rata-rata singkong aneka rasa dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp 5000/box. Misalnya dalam sehari terjual 15 box berarti menghasilkan omzet Rp 75.000 dalam sehari. Dalam sebulan dapat menghasilkan Rp 225.000 . Maka usaha ini akan balik modal dalam kurun waktu 1 tahun.

Modal yang tidak terlalu besar dan harga produk yang dapat dijangkau masyarakat luas serta rasanya yang unik membuat bisnis singkong aneka rasa ini sangat diminati wirausahawan. Saat ini bisnis singkong aneka rasa sudah tersebar luas ke beberapa daerah mulai dari Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan, Samarinda, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar