Kamis, 05 April 2012

5 Usaha Menggiurkan di Sekitar Lokasi Kampus

Biasanya harga tanah di dekat sebuah kampus harganya sangat mahal. Ini dikarenakan lokasi tersebut yang strategis untuk memulai bisnis. Berikut 5 Usaha yang menjanjikan di dekat lokasi kampus :

1. Tempat Kost

Mahasiswa yang berada di suatu kampus pasti sangat banyak dan beragam. Ada yang tinggal di dekat lingkungan kampus, ada yang tinggal jauh dari lingkungan kampus, dan bahkan ada yang datang dari luar kota. Bagi mereka yang datang dari luar kota membutuhkan tempat kost.
Tempat kost biasanya tidak jauh dari lingkungan kampus. Tarifnya pun beragam. Untuk tempat kost yang standar (kamar tidur + kamar mandi) biasanya dipatok dengan kisaran harga 300ribu-450ribu per bulan. Ada juga tempat kost yang difasilitasi dengan layanan wi-fi dan AC dengan harga 550ribu ke atas perbulan. Luas tempat kost juga mempengaruhi harga.

2. Kantin/Tempat Makan

Di setiap kampus terdapat kantin/tempat makan. Anda juga akan menemukan tempat makan semacam ini di luar lingkungan kampus seperti warteg, warung masakan padang dan sebagainya. Hampir setiap harinya dikunjungi ratusan mahasiswa. Bisnis ini akan tetap berjalan meskipun hari minggu/libur karena pasarnya tidak hanya mahasiswa.
Makanan yang disajikan biasanya beragam. Warteg misalnya yang menyediakan nasi dengan lauk pauk dan sayuran yang bermacam-macam. Harganya cukup terjangkau bagi kantong mahasiswa mulai dari 5ribu sampai dengan 15ribu tergantung berapa banyak lauk pauk yang dipesan. Ada juga restoran yang menyediakan masakan internasional. Steak misalnya biasanya di banderol dengan harga 20ribu-100ribu tergantung porsi yang di pesan. Tidak ketinggalan tempat jajanan dengan harga makanan dan minuman yang murah merupakan salah satu tempat favorit mahasiswa untuk nongkrong dan bersenda gurau.

3. Warnet

Mahasiswa membutuhkan komputer dan internet untuk menyelesaikan tugas/makalah/skripsi. Warnet masih cukup menjamur di Indonesia karena masih banyak mahasiswa yang tidak mempunyai laptop dan akses internet. Tarif yang ditawarkan cukup beragam. Biasanya dipatok dengan harga 3 ribu sampai dengan 5 ribu per jam. Ada beberapa warnet yang menawarkan paket hemat. Misalkan paket hemat 5 jam = 10 ribu tentu lebih murah dibandingkan tarif biasa (5 jam = 15 ribu)

4. Toko Alat Tulis dan Fotocopy

Kebutuhan mahasiswa akan alat tulis sebagai penunjang belajar sangat tinggi. Tempat fotocopy sangat diperlukan mahasiswa untuk mengcopy bagian buku untuk keperluan pembuatan tugas/makalah/skripsi. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar dibanding usaha yang lain.

5. Pasar Swalayan

Untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa yang tinggal di tempat kost, Berbelanja di pasar swalayan terdekat salah satu caranya. Pasar swalayan menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari dengan lengkap. Pasar swalayan lebih nyaman dibandingkan mahasiswa harus berbelanja kebutuhannya di pasar tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar