Minggu, 17 Juni 2012

Industri Rokok tumbuh pesat di Indonesia

Industri rokok tumbuh pesat di Indonesia . Perusahaan rokok menjadi salah satu sumber bisnis yang subur bagi para pengusaha. Jumlah perokok Indonesia bertambah dalam beberapa tahun terakhir. Indonesia merupakan peringkat keempat jumlah perokok terbanyak di dunia. 

WHO (World Health Organization) telah mengingatkan bahwa rokok merupakan salah satu pembunuh paling berbahaya di dunia. Merokok merupakan tindakan yang merusak kesehatan sendiri, begitu juga tabungan dan penghasilan kita.
 
Dampak negatif Industri rokok sangat berdampak pada masyarakat miskin dibandingkan dengan orang kaya. Generasi penerus bangsa menjadi pecandu rokok, menghabiskan uang yang harusnya digunakan untuk membeli makanan bergizi, pendidikan, dan kesehatan, justru habis untuk membakar batang demi batang rokok.   

Pemerintah justru  mendorong peningkatan pajak bea cukai rokok dan kurang memperhatikan efek jangka panjang dari rokok dalam hal kesehatan, perilaku masyarakat, ekonomi dan pendidikan. Perusahaan rokok juga semakin gencar memasarkan produknya ke masyarakat luas. Mereka mensponsori beberapa cabang olahraga di Indonesia diantaranya sepakbola, bulutangkis, dan lain-lain. Perlu ada kesadaran pemerintah jika ingin mengurangi angka konsumsi rokok di Indonesia.


1 komentar: